Kamis, 30 Mei 2013

Memulai Bisnis Tanpa Modal, Bisakah?

Bisnis Tanpa Modal - Sekian waktu kepala sampai botak dan linglung memikirkan bisnis yang cocok untuk dijalankan. Tak ketinggalan mengumpulkan ide-ide prospek menguntungkan dilakukan. Dus ketika mau beraksi....

"Modalnya mana om?"

Kebanyakan ujung-ujungnya memulai bisnis adalah Modal dalam artian konkretnya modal uang.
Memulai Bisnis Tanpa Modal

Benarkah  mitos tersebut?

Informasi yang aku kumpulkan dari para relasi Pebisnis Muslim Indonesia . Memulai bisnis sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Siapa saja bisa melakukannya, bahkan tanpa modal uang sepeser pun. Namun yang paling susah adalah mempertahankan bisnis itu sendiri, karena banyak startup gugur ditengah jalan karena kurangnya persiapan dan manajemen usaha.

Sebelum memulai usaha tanpa modal ada yang perlu Anda persiapkan dulu yaitu. Pangsa pasar, keunikan bisnis, dan pesaing. Produk unik akan menunjang bisnis Anda karena betapapun begitu pemodal/investor akan bermurah hati mengucurkan investasinya kpd Anda.

Bagi Hasil/Mudharabah
Ini adalah alternatif bagi Anda untuk memulai bisnis tanpa modal dengan sistem mudharabah. Dengan sistem ini Anda diperlukan mempunyai keahlian dalam bidang tertentu. Dan selanjutnya Anda mencari orang yang mempunyai banyak uang dan yakinkan dia dengan keahlian yang Anda miliki bahwa Anda memang layak mengelola modal dari mudharib. Dalam ketentuan akad mudharabah sudah dijelaskan oleh syariat bahwa untung rugi ditanggung bersama antara (pengelola dan pemodal). Dan tentu saja barang/unit usaha yang Anda kelola adalah milik pemodal. Anda bisa menelaah masalah permodalan syariah dengan mencari di www.Yufid.com dengan keyword "bagi hasil" "mudharabah" dst..

Sewa tempat dengan Bagi Hasil
Pernah dengar istilah tersebut? kadangkala orang punya usaha tapi bingung untuk mencari tempat dengan alasan kontrakan ruko begitu mahal. Anda bisa mencari relasi yang mempunyai tempat gratis dengan pembayaran bagi hasil dari usaha Anda. Kalaupun masih terasa mentok, maka gunakan ruangan di rumah Anda. Kecilpun tidak masalah. Konon google sebelum berkembang markas pertama kalinya adalah garasi mobil.

Berhutang
Alternatif ini sudah umum disekitar kita, untuk memulai usaha hutang solusinya. Entah di bank atau ke personal. Anda bisa melakukan ini, yaitu cari pinjaman lunak dan saran saja jangan pernah pinjam ke Bank karena ini termasuk riba bahkan dosa riba seperti menz*nahi ibu sendiri. Anda bisa bisa dapatkan ulasannya di majalah pengusaha muslim masalah riba bank klik: Riba Bunga Bank Syariah

Cari Partner atau Patungan Modal
Cari teman yang siap diajak berbisnis, anda bisa melakukan patungan modal dengannya. Tapi ingat buat perjanjian hitam putih diatas kertas. Karena banyak kejadian partner merasa tidak puas dengan kerja sama ini sehingga dikemudian hari usaha anda menjadi berantakan karena sengketa kepemilikan usaha.

Buat Situs Gratis
Bagi pelaku usaha online membuat situs berbayar mungkin sangat merepotkan lagi, ditambah biasa maintence hosting, server dll. Jadi Anda tidak perlu galau mengeluarkan modal uang banyak karena google sendiri mempunyai blogger, bisa juga wordpress dan banyak situs gratisan lainnya. Dalam pemasaran onlinepun tanpa blog juga bisa, yaitu Anda mempromosikan produk di group-group facebook, twitter, pinterest dll.

Part-time paruh waktu
Mengeluhkan modal sudah buka jamannya lagi. Untuk menghadapi ini Anda bisa mengumpulkan modal dengan kerja sampingan. Dan investasikan separuh gaji Anda untuk kelangsungan bisnis tersebut.

Menjadi Makelar/Agen
Ini opsi yang minim modal, dengan sistem kepercayaan anda bisa menjadi agen dari produk yang cocok untuk bisnis Anda. Betapa banyak pengusaha sukses semisal herbal, tanah dll dari model sistem seperti ini. Sungguh sangat layak kita harus belajar dari mereka.

Menjual jasa
Jasa adalah alternatif usaha yang minim modal. Semisal Anda bisa mengusai ilmu SEO kenapa tidak membuka usaha jasa seo?
Atau anda bisa memperbaiki komputer kenapa Anda tidak buka usaha kompeter hanya bermodal obeng dan kuas?
Anda bisa membuat website, kenapa tidak membuat jasa pembuatan website.

Tentunya ini adalah peluang terbaik kita memulai bisnis tanpa modal, dan Anda bisa mengembang alternatif-alternatif permodalan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar