Selasa, 24 September 2013

Makanan Pantangan Ibu Hamil

Ibu pasti ingin yang terbaik untuk bayinya. Tapi tahukah Ibu makanan yang harus dihindari saat hamil? Makanan yang tepat saat hamil bisa memberi yang terbaik untuk ibu dan bayi.
Makanan kurang matang
Saat hamil sebaiknya ibu memesan steik dan burger well done. Daging kurang matang mengandung bakteri. Pastikan daging yang dimasak benar-benar matang untuk ibu hamil.


Jus segar
Jus yang dibuat dari buah asli dari restoran atau warung jus di kantin kantor mungkin belum mengalami pasteurisasi sehingga berpotensi mengandung bakteri. Kalau ingin jus, belilah jus dalam kemasan yang sudah dipasteurisasi.


Sushi
Ibu penggemar masakan Jepang saat hamil harus menghindari sushi. Kendati seafood dalam sushi merupakan sumber protein, makanan mentah berpotensi mengandung parasit dan bakteri.


Adonan kue mentah
Saat membuat kue, ibu mungkin mengambil sedikit adonan mentah untuk dicicipi. Jangan cicipi adonan kalau mengandung telur mentah. Telur mentah mungkin mengandung bakteri salmonella.


Ikan dengan merkuri
Ikan memang sumber protein yang bagus. Namun tidak semua ikan aman untuk ibu hamil. Ikan mackerel dan hiu mengandung merkuri yang tinggi. Logam ini berbahaya untuk bayi. Pilihlah ikan dengan kadar merkuri rendah. Batasi juga konsumsi ikan itu.


Sayur dan buah yang tak dicuci
Pastikan buah dan sayur dicuci di air mengalir. Sayur dan buah tak dicuci mungkin mengandung parasit toksoplasma yang berbahaya untuk bayi. Gosok buah yang dicuci dengan air bersih. Potong bagian yang tampak memar karena mungkin mengandung bakteri.


Kecambah mentah
Ada kemungkinan bakteri masuk ke dalam biji sebelum kecambah tumbuh. Bakteri ini sulit dihilangkan. Pastikan kecambah matang sebelum dimakan.


Kerang mentah
Kerang mentah adalah jenis seafood yang paling sering bikin sakit. Untuk menghindarinya, masak kerang sampai cangkangnya terbuka. Buang kerang yang cangkangnya tidak terbuka.


Alkohol
Konsumsi alkohol selama kehamilan bisa menyebabkan kecacatan bayi. Konsumsi sedikit alkohol saja bisa membahayakan janin. Hindari segala jenis alkohol. Termasuk di antaranya anggur, bir, cooler, egg nog.

Sumber : http://www.sehatnews.com/pregnancy/22838-makanan-pantangan-ibu-hamil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar