RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SLB …
Kelas/ Semester : VI/I
Tema : Diri Sendiri
Minggu/ Hari ke : VI/ 1-6
Alokasi Waktu : 3xpertemuan (@ 30 menit)
A.Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Memahami laporan dan membaca sekilas kolom khusus
Matematika
Mengenal bentuk bangun ruang sederhana
IPA
Memahami berbagai cara gerak,sumber energi dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
Memahami hidup sehat
PPkn
Mengenal makna sumpah pemuda
Keterampilan
Membuat prakarya dari kertas
B.Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Membaca intensif laporan hasil pengamatan atau kunjungan
Matematika
Mengelompokkan bentuk bangun ruang balok, kubus, bola, kerucut, limas
IPA
Menyebutkan sumber energi yang terdapat disekitar dan tujuan penggunaanya
IPS
Mengenal cara hidup hemat
PPkn
Menjelaskan sumpah pemuda
Keterampilan
Menjelaskan cara membuat udang galah dari kertas
C.Indikator
Mata Pelajaran & Indikator
Bahasa Indonesia :
§ Membaca laporan hasil kunjungan
Matematika :
§ Mengelompokkan bentuk bangun ruang balok, kubus, bola, kerucut, limas
§ Menunjukkan bentuk bangun ruang balok kubus, bola, kerucut, limas
IPA
§ Mencari contoh- contoh sumber energi panas dan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi panas
IPS
§ Menjelaskan manfaat hidup hemat.
PPkn
§ Menjelaskan terjadinya sumpah pemuda
Bina Diri
§ Menerapkan cara merawat barang- barang pribadi
Ketrampilan
§ Mempraktekkan membuat udang galah dari kertas lipat
D.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat :
ü Membaca laporan hasil kunjungan
ü Mengelompokkan bentuk bangun ruang balok, kubus, bola, kerucut, limas
ü Menunjukkan bentuk bangun ruang balok kubus, bola, kerucut, limas
ü Mencari contoh- contoh sumber energi panas dan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi panas
ü Menjelaskan manfaat hidup hemat.
ü Menjelaskan terjadinya sumpah pemuda
ü Menerapkan cara merawat barang- barang pribadi
ü Mempraktekkan membuat udang galah dari kertas lipat
E.Materi Ajar
Dibagian belakang
F.Metode Pembelajaran
- Ceramah variatif
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Demontrasi
G.Langkah- Langkah Pembelajaran :
ü Kegiatan Awal ( menit )
v Berdoa bersama
v Membahas tugas/ Pekerjaan Rumah
v Bercerita tentang pasar modern dan pasar tradisional
ü Kegiatan Inti ( menit )
Bahasa Indonesia
v Menyebutkankan tempat- tempat umum yang bernah dikunjungi.
v Membaca salah satu bacaan tentang laporan hasil kunjungan “pasar”
v Siswa menyebutkan ciri- ciri umum dari pasar
Matematika
v Guru menunjukkan berbagai macam bangun datar segitiga, segi empat, persegi panjang, lingkaran, segitiga sembarang
v Guru menyebutkan unsur bangun datar seperti titik sudut sisi dan sifat bangun datar
v Bertanya- jawab dengan siswa tentang bangun datar.
IPA
v Guru menjelaskan/ mendeskripsikan tentang apa itu dan bagaimana energi panas
v Siswa menyebutkan contoh sumber- sumber energi panas
v Siswa mencari contoh alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi panas
IPS
v Siswa menyebutkan manfaat hidup hemat
v Guru menjelaskan manfaatkan hidup hemat.
PPKN
v Guru mendeskripsikan dan menjelaskan terjadinya sumpah pemuda
Bina Diri
v Guru mendeskripsikan bagaimana merawat barang- barang pribadi seperti mainan.
Keterampilan
v Guru memberikan contoh dan siswa mengikuti instruksi cara membuat udang galah dari kertas lipat
ü Kegiatan Akhir ( menit )
Ø Siswa mencatat materiyang diberikan
Ø Bertanya jawab atau diskusi tentang materi hari ini
Ø Menempel udang galah pada kertas asturo dan membuat hiasan yang menarik di sekitarnya
Ø Berdoa bersama dan pulang
H.Alat dan Sumber Belajar
Daftar Pustaka
Drs H. Panut, 2005. Dunia Sain 3, Yudistira
Sri Ningsih MPd, 2006. Pkn 3, Yudistira.
Sri Astuti, 2002. Kepedulian Pada Diri Dan Lingkungan 3A, Balai Pustaka
BKG, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
Warsito Adnan, 1999. PPKn, Tiga Serangkai.
LKS Cerdas, 2008, CV. Setiaji
BKG, 2003, Bina Bahasa Indonesia 2A, Erlangga
LKS Fokus Bahasa Indonesia 3A, CV Sindhunata
Siskandar, 2001, Matematika Pandai BErhitung 2, Grasindo
LKS Cerdas dan Cerah, KElas 3, CV. Setiaji
Tim BKG, 1995, Kerajinan Tangan & Kesenian, Erlangga
Sumber Alat
Alat peraga untukbangun datar
Alat praktek untuk ketrampilan
I.Penilaian :
- Test lisan
- Tes tertulis
- Observasi selama proses KBM berlangsung
Bahasa Indonesia
No | Aspek Yang Dinilai | Skor Maks | Skor Perolehan |
1 | Cara siswa membaca bacaan “ Berkunjung ke “ dengan memperhatikan : § Tanda baca § Cara mengekspresikan bacaan § Intonasi membaca |
Matematika
No | Aspek Yang Dinilai | Skor Maks | Skor Perolehan |
1 | Mengetahui bentuk bangun datar | ||
2 | Mengetahui sifat bangun datar | ||
3 | Mengetahui ada berapa sisi yang dimiliki pada bangun datar | ||
4 | Dapat mencontoh atau membuat bangun datar |
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
No | Aspek Yang Dinilai | Skor Maks | Skor Perolehan |
1 | Mengerti apa yang dimaksud dengan energi panas | ||
2 | Dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi panas |
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
No | Aspek Yang Dinilai | Skor Maks | Skor Perolehan |
1 | Menyebutkan secara tepat tentang manfaat hidup hemat |
PPkn
No | Aspek Yang Dinilai | Skor Maks | Skor Perolehan |
1 | Menceritakan terjadinya/ sejarah Sumpah Pemuda secara garis besar § Sebab munculnya Sumpah Pemuda § Tanggal mencetusnya § Isi Sumpah Pemuda § Menyanyikan lagu satu nusa, satu bangsa, satu bahasa |
Bina Diri
No | Aspek Yang Dinilai | Skor Maks | Skor Perolehan |
1 | Dapat menyebutkan dan merawat barang- barang pribadi |
Keterampilan
No | Aspek Yang Dinilai | Skor Maks | Skor Perolehan |
1 | Dapat membuat udang galah dari kertas lipat |
Keterangan Penilaian :
Banyaknya Jawaban yang benar
Nilai Akhir = X 100 %
Banyaknya Jumlah Soal
Tindak Lanjut
Dapat mengambil manfaat hidup hemat
Mengetahui : Parungpanjang,……..2010
Kepala Sekolah SLB AyahBunda Guru Kelas VI
Titin Sulistiawati S.Pd Nunuk Indriawati S.E
NUPTK.9838749650300022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar