RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Lingkungan I
Kelas / Semester : III / I
TP : 2010 - 2011
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPA
1. Memahami bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan lingkungan tempat tinggalnya
PKn
2. Memerapkan hak anak di sekolah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan ( kaki, badan, dan kepala )
2.1 Membiasakan menyayangi teman sekelas
C. INDIKATOR
· Menunjukkan gambar hewan
· Menunjukkan gambar kaki hewan
· Menunjukkan gambar badan hewan
· Menunjukkan gambar kepala hewan
· Menunjukkan gambar bagian kepala hewan
· Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas
· Menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh hewan
· Siswa dapat menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
E. MATERI POKOK
· Bagian-bagian tubuh hewan
· Kasih sayang sesama teman sekelas
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
· Meng menarik ecek kehadiran siswa
· Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
· Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
· Mengkondisikan siswa agar siap belajar
· Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
2. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar binatang di atas
· Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing binatang di atas
· Siswa menyebutkan nama masing-masing binatang di atas
· Siswa menunjukkan masing-masing binatang sesuai perintah
· Siswa menunjukkan bagian-bagian tubuh binatang
· Siswa menunjukkan bagian-bagian kepala binatang ( mata, hidung, dan mulut )
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
· Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
· Siswa menunjukkan gambar contoh kasih sayang sesama teman
3. Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
· Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
· Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
· Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
· Observasi
· Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
· Gambar binatang
· Gambar contoh kasih sayang
c. Sumber
· Buku IPA
· Buku PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a. Teknik Penilaian
· Lisan
· Kinerja
b. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Soal Tes Lisan
· Menyebutkan nama binatang
· Menyebutkan bagian-bagian tubuh binatang
· Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menyebutkan nama binatang | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menyebutkan bagian-bagian tubuh binatang | | |
3. | Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
2. Soal Tes kinerja
· Menunjukkan gambar hewan
· Menunjukkan gambar kaki hewan
· Menunjukkan gambar badan hewan
· Menunjukkan gambar kepala hewan
· Menunjukkan gambar bagian kepala hewan
· Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas
Format Penilaian Tes Kinerja
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menunjukkan gambar hewan | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menunjukkan gambar kaki hewan | | |
3. | Menunjukkan gambar badan hewan | | |
4. | Menunjukkan gambar kepala hewan | | |
5. | Menunjukkan gambar bagian kepala hewan | | |
6. | Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 18
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
c. Tindak Lanjut
· Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
· Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP 196411171992031004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Lingkungan II
Kelas / Semester : III / I
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPA
3. Memahami bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan lingkungan tempat tinggalnya
PKn
4. Memerapkan hak anak di sekolah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tumbuhan ( akar, batang, daun )
2.1 Membiasakan menyayangi teman sekitar sekolah
C. INDIKATOR
· Menunjukkan gambar tumbuhan
· Menunjukkan gambar akar
· Menunjukkan gambar batang
· Menunjukkan gambar daun
· Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah
· Menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tumbuhan
- Siswa dapat menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
E. MATERI POKOK
· Bagian-bagian tumbuhan
· Kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
· Meng menarik ecek kehadiran siswa
· Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
· Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
· Mengkondisikan siswa agar siap belajar
· Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
4. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar tumbuhan di atas
· Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing bagian tumbuhan di atas
· Siswa menyebutkan nama gambar di atas
· Siswa menunjukkan masing-masing bagian tumbuan sesuai perintah
· Siswa menunjukkan gambar daun
· Siswa menunjukkan gambar batang
· Siswa menunjukkan gambar akar
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
· Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
· Siswa menunjukkan gambar contoh kasih sayang sesama teman
5. Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
· Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
· Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
· Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
· Observasi
· Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
· Gambar tumbuhan
· Gambar contoh kasih sayang
c. Sumber
· Buku IPA
· Buku PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
d. Teknik Penilaian
· Lisan
· Kinerja
e. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Soal Tes Lisan
· Menyebutkan nama gambar yang ditunjukkan
· Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
· Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menyebutkan nama gambar yang ditunjukkan | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan | | |
3. | Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
2. Soal Tes kinerja
· Menunjukkan gambar tumbuhan
· Menunjukkan gambar akar
· Menunjukkan gambar batang
· Menunjukkan gambar daun
· Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah
Format Penilaian Tes Kinerja
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menunjukkan gambar tumbuhan | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menunjukkan gambar akar | | |
3. | Menunjukkan gambar batang | | |
4. | Menunjukkan gambar daun | | |
5. | Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 15
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
3. Tindak Lanjut
· Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
· Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP 196411171992031004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Keluarga I
Kelas / Semester : III / I
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPS
- Memahami identitas keluarga
PKn
- Memerapkan hak anak di rumah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyebutkan panggilan kerabat orang tuanya
1.1 Mengenal perbuatan kasih sayang
C. INDIKATOR
· Menunjukkan gambar ayah
· Menunjukkan gambar ibu
· Menyebutkan panggilan ayah
· Menyebutkan panggilan ibu
· Menunjukkan gambar anggota keluarga
· Menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang keluarga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang
- Siswa dapat menyebutkan panggilan anggota keluarga
E. MATERI POKOK
· Kasih sayang keluarga
· Panggilan anggota keluarga
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
· Mengecek kehadiran siswa
· Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
· Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
· Mengkondisikan siswa agar siap belajar
· Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
2. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
· Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing gambar di atas
· Siswa menyebutkan panggilan ayah
· Siswa menjebutkan panggilan ibu
· Siswa menunjukkan gambar ayah
· Siswa menunjukkan gambar ibu
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
· Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
· Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ibu
· Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ayah
3. Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
· Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
· Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
· Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
· Observasi
· Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
· Gambar ayah dan ibu
· Gambar contoh kasih sayang ayah dan ibu
c. Sumber
· Buku IPS
· Buku PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a. Teknik Penilaian
· Lisan
· Kinerja
b. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Soal Tes Lisan
· Menyebutkan panggilan ayah
· Menyebutkan panggilan ibu
· Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menyebutkan panggilan ayah | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menyebutkan panggilan ibu | | |
3. | Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
2. Soal Tes kinerja
· Menunjukkan gambar ayah
· Menunjukkan gambar ibu
· Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
· Menunjukkan gambar kasih sayang ibu
Format Penilaian Tes Kinerja
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menunjukkan gambar ayah | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menunjukkan gambar ibu | | |
3. | Menunjukkan gambar kasih sayang ayah | | |
4. | Menunjukkan gambar kasih sayang ibu | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 12
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
f. Tindak Lanjut
· Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
· Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP 196411171992031004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Keluarga II
Kelas / Semester : III / I
TP : 2010 - 2011
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPS
- Memahami identitas keluarga
PKn
- Memerapkan hak anak di rumah
B. KOMPETENSI DASAR
1.2 Menyebutkan panggilan kerabat saudara kandung
1.2 Membiasakan menyayangi sesama keluarga
C. INDIKATOR
· Menunjukkan gambar kakak
· Menunjukkan gambar adik
· Menyebutkan panggilan kakak
· Menyebutkan panggilan adik
· Menunjukkan gambar kasih sayang ibu
· Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
· Menunjukkan gambar kasih kakak dan adik
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang sesama anggota keluarga
- Menyebutkan panggilan kakak dan adik
E. MATERI POKOK
· Kasih sayang keluarga
· Panggilan anggota keluarga
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
· Mengecek kehadiran siswa
· Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
· Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
· Mengkondisikan siswa agar siap belajar
· Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
2. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
· Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing gambar di atas
· Siswa menyebutkan panggilan kakak
· Siswa menjebutkan panggilan adik
· Siswa menunjukkan gambar kakak
· Siswa menunjukkan gambar adik
· Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
· Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
· Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
· Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ayah
· Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ibu
· Siswa menunjukkan gambar kasih sayang kakak
· Siswa menunjukkan gambar kasih sayang adik
3. Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
· Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
· Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
· Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
· Observasi
· Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
· Gambar kakak dan adik
· Gambar contoh kasih sayang kakak dan adik
c. Sumber
· Buku IPS
· Buku PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a. Teknik Penilaian
· Lisan
· Kinerja
b. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Soal Tes Lisan
· Menyebutkan panggilan kakak
· Menyebutkan panggilan adik
· Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu
· Menyebutkan contoh kasih sayang kakak dan adik
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menyebutkan panggilan kakak | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menyebutkan panggilan adik | | |
3. | Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu | | |
4. | Menyebutkan contoh kasih sayang kakak dan adik | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 12
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
2. Soal Tes kinerja
· Menunjukkan gambar kakak
· Menunjukkan gambar adik
· Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
· Menunjukkan gambar kasih sayang ibu
· Menunjukkan gambar kasih sayang kakak
· Menunjukkan gambar kasih sayang adik
Format Penilaian Tes Kinerja
Nama :
No | Uraian | Skor Perolehan | Keterangan Skor |
1. | Menunjukkan gambar kakak | | 3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan 2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan 1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan |
2. | Menunjukkan gambar adik | | |
3. | Menunjukkan gambar kasih sayang ayah | | |
4. | Menunjukkan gambar kasih sayang ibu | | |
5. | Menunjukkan gambar kasih sayang kakak | | |
6. | Menunjukkan gambar kasih sayang adik | | |
Jumlah Skor | | Nilai Skor : |
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 18
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
3. Tindak Lanjut
· Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
· Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP 196411171992031004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar