RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NamaSekolah : SLB Ayahbunda
SatuanPendidikan : SDLB
JenisKelainan : Tunagrahita Sedang
Kelas/Semester : I / I
TP : 2011 – 2012
Tema : DiriSendiri
AlokasiWaktu : … X Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
2. Memperkenalkandiri
MembacaPermulaan
3. Membacapermulaan
Menulis
4. Memahamicarapenulisanpermulaan
1. Memahamiidentitasdiri
Makhlukhidupdan proses kehidupannya
1. Memahamibagian-bagiananggotatubuhdankegunaannyasertacara-caramerawatnya
Bilangan
1. Mengenalbilangan 1 – 5
B. KOMPETENSI DASAR
2.1 Menyebutkannamadiri
2.2 Menyebutkannama-namakeluarga
3.1 Membacanyaringhurufvokal
3.2Membaca nyaringhurufkonsonan
3.3Membaca nyaringsuku kata sederhana
4.1 Menyalinhuruf
4.2 Menyalinsuku kata dan kata sederhana
1.1 Mendeskripsikanbagiananggotatubuh
1.2 Mendeskripsikanfungsibagiananggotatubuh
1.3 Mendeskripsikancara-caramerawattubuh
1.1 Membilanganbenda 1 – 5
1.2 Mengurutkanbenda 1 – 5
C. INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
►Mengucapkannamapanggilan/lengkapdiri
►Menunjukkannamapanggilan/lengkapanggotakeluarga
►Menamainamapanggilananggotakeluargadimaksud
►Menyebutkanhuruf vocal
►Menunjukkanhuruf vocal
►Menyebutkanhurufkonsonan
►Menunjukkanhurufkonsonan
►Menyebutkansuku kata dimaksud
►Menunjukkansuka kata dimaksud
►Menebalkanhuruf
►meniruhuruf yang dimaksud
►Menebalkan kata/suku kata
►Menirusuku kata/kata dimaksud
IPA
►Menyebutkannamaanggotatubuh
►Menunjukkananggotatubuhdimaksud
►Menamaianggotatubuhdimaksud
►menyebutkanfungsianggotatubuh
►Membedakanfungsianggotatubuh
►Menyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Mendemonstrasikancaramerawattubuh
►Menerapkancaramerawatanggotatubuh
IPS
►Mengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Menjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Mengucapkannamapanggilandirisendiri
►Menunjukkannamapanggilandirisendiri
►Menamainamapanggilan photo dimaksud
►Mengucapkannamalengkapdirisendiri
►Menunjukkannamalengkapdirisendiri
►Menamainamalengkap photo dimaksud
MATEMATIKA
►Membacalambangbilangan
►Menulislambangbilangan
►Menunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelahselesaimelaksanakankegiatanpembelajaran diharapkan :
BAHASA INDONESIA
►Siswadapatmengucapkannamapanggilan/lengkapsendiri
►Siswadapatmenunjukkannamapanggilan/lengkapdiri
►Siswadapatmenamainamapanggilan/lengkapdirisendiri
►Siswadapatmenyebutkanhuruf vocal
►Siswadapatmenunjukanhuruf vocal
►Siswadapatmenyebutkanhurufkonsonan
►Siswadapatmenunjukanhurufkonsonan
►SiswadapatMenyebutkansuku kata dimaksud
►Siswadapatmenunjukansuku kata dimaksud
►Siswadapatmenebalkanhuruf
►Siswadapatmeniruhurufdimaksud
►Siswadapatmenebalkan kata/suku kata
►Siswadapatmenirusuku kata/kata dimaksud
IPA
►Siswadapatmenyebutkannamaanggotatubuh
►Siswadapatmenunjukananggotatubuhdimaksud
►Siswadapatmenamaianggotatubuhdimaksud
►Siswadapatmenyebutkanfungsianggotatubuh
►Siswadapatmembedakanfungsianggotatubuh
►Siswadapatmenyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Siswadapatmendemontasikancaramerawatanggotatubuh
►Siswadapatmenerapkancaramerawatanggotatubuh
IPS
►Siswadapatmengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Siswadapatmenjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Siswadapatmengucapkannamapanggilandirisendiri
►Siswadapatmenunjukkannamapanggilandirisendiri
►Siswadapatmenamainamapanggilan photo dimaksud
►Siswadapatmengucapkannamalengkapdirisendiri
►Siswadapatmenunjukkannamalengkapdirisendiri
►Siswadapatmenamainamalengkap photo dimaksud
MATEMATIKA
►Siswadapatmembacalambangbilangan
►Siswadapatmenulislambangbilangan
►Siswadapatmenunjukanlambangbilangandimaksud
►Siswadapatmembilangsecaraurutdaribilangan yang ditentukan
►Siswadapatmenunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
E. MATERI PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
►Namadiri
►Hurufvokal
►Hurufkonsonan
►Suku kata
►Menyalinhuruf
IPA
►Bagiananggotatubuh
►Fungsibagiananggotatubuh
►Perawatananggotatubuh
IPS
►Identitasdiri
Matematika
►Bilangan
F. Langkah – langkah pembelajaran
- Kegiatan awal ( 5 menit )
a.Guru menyiapkan bahan dan alat pembelajaran
b.Guru memimpin doa sebelum belajar
c.Guru mengabsen dan mengarahkan siswa untuk memusatkan perhatian
d.Guru mengecek kesiapan siswa untuk melaksanakan pembelajaran
e.Gurusecaralisanmengadakanpretestentangmateripelajaran yang akandisampaikan
2. KegiatanInti (20 menit)
Pertemuanminggu … s/d minggu …
►Guru menyuruhsiswamengucapkannamapanggilan/lengkapdiri
►Guru menyuruhsiswamenunjukkannamapanggilan/lengkapdiri
►Guru menyuruhsiswamenamainamapanggilanlengkapdirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenyebutkanhuruf vocal
►Guru menyuruhsiswamenunjukkanhuruf vocal
►Guru menyuruhsiswamenyebutkanhurufkonsonan
►Guru menyuruhsiswamenunjukkanhurufkonsonan
►Guru menyuruhsiswamenyebutkansuku kata dimaksud
►Guru menyuruhsiswamenunjukkansuku kata dimaksud
►Guru menyuruhsiswamenebalkanhuruf
►Guru menyuruhsiswameniruhurufdimaksud
►Guru menyuruhsiswamenebalkan kata/suku kata
►Guru menyuruhsiswamenirukansuku kata/kata dimaksud
►Guru menyuruhsiswamenyebutkannamaanggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamenunjukananggotatubuhdimaksud
►Guru menyuruhsiswamenamaianggotatubuhdimaksud
►Guru menyuruhsiswamenyebutkanfungsianggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamembedakanfungsianggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamenyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamendemonstrasikancaramerawatanggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamenerapkancaramerawatanggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Guru menyuruhsiswamenjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Guru menyuruhsiswamengucapkannamapanggilandirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenunjukannamapanggilandirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenamainamapanggilan photo tersebut
►Guru menyuruhsiswamengucapkannamalengkapdirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenunjukannamalengkapdirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenamainamalengkap photo tersebut
►Guru menyuruhsiswamembacalambangbilangan
►Guru menyuruhsiswamenulislambangbilangan
►Guru menyuruhsiswamenunjukanlambangbilangandimaksud
►Guru menyuruhsiswamembilangsecaraurutdaribilangan yang ditentukan
►Guru menyuruhsiswamenunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
3. KegiatanAkhir/penutup (5 menit)
►Guru bersamasiswamenyimpulkanmateri yang telahdipelajari
►Guru melakukanevaluasidenganmengadakantes
►Guru mengajaksiswaberdo’aataswawasan yang telahdiperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
►Tanya Jawab
►Ceramah
►Tugas
b. AlatPembelajaran
►Bukuhurufdan kata
►Gambaranggotatubuh
►Gambarbilangan
c. Sumber
►BukuBahasa Indonesia
►Buku IPA
►Buku IPS
►BukuMatematika
H. Penilaiandantindaklanjut
· Soalteslisan :
►Mengucapkannamapanggilandiri
►Mengucapkannamalengkapdiri
►Menunjukkannamapanggilandiri
►Menunjukkannamalengkapdiri
►Menamainamapanggilandiri
►Menamainamalengkapdiri
►Menyebutkanhuruf vocal
►Menunjukanhuruf vocal
►Menyebutkanhurufkonsonan
►Menunjukanhurufkonsonan
►Menyebutkansuku kata
►Menunjukansuku kata
►Menyebutkanfungsianggotatubuh
►Membedakanfungsianggotatubuh
►Menyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Mendemonstrasikancaramerawatanggotatubuh
►Menerapkancaramerawatanggotatubuh
►Mengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Menjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Menamainamapanggilan photo tersebut
►Menamainamalengkap photo tersebut
►Membilangsecaraurutdaribilangan yang ditentukan
►Menunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
· Soalteskinerja :
►Menebalkanhuruf
►Menebalkansuku kata
►Mengidentifikasianggotatubuh
►Mengidentifikasilambangbilangan
· Contoh instrument penilaian :
►Sebutkannamapanggilan
►Sebutkanhuruf vocal
►Sebutkanhurufkonsonan
►Menyebutkansuku kata
►Sebutkanfungsianggotatubuh
►Sebutkancaramerawatanggotatubuh
· Tindaklanjut
►Remedial bagisiswa yang belummampumendapattugasberupa PR
►Pengayaan, bagisiswa yang telahmampujugamendapattugasberupa PR
Mengetahui : Bogor, Juli 2011
Pengawas PLB KepalaSekolah Guru Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar