Selasa, 06 November 2012

RPP SDLB AYAHBUNDA KELAS I/C1/I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NamaSekolah                 : SLB Ayahbunda
SatuanPendidikan           : SDLB
JenisKelainan                 : Tunagrahita Sedang
Kelas/Semester              : I / I
TP                                 : 2011 – 2012
Tema                              : DiriSendiri
AlokasiWaktu                : … X Pertemuan

A.      STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
2. Memperkenalkandiri
MembacaPermulaan
3. Membacapermulaan
Menulis
4. Memahamicarapenulisanpermulaan
1.       Memahamiidentitasdiri
Makhlukhidupdan proses kehidupannya
1.       Memahamibagian-bagiananggotatubuhdankegunaannyasertacara-caramerawatnya
Bilangan
1.       Mengenalbilangan 1 – 5
B.      KOMPETENSI DASAR
2.1   Menyebutkannamadiri
2.2   Menyebutkannama-namakeluarga
3.1   Membacanyaringhurufvokal
3.2Membaca nyaringhurufkonsonan
3.3Membaca nyaringsuku kata sederhana
4.1   Menyalinhuruf
4.2   Menyalinsuku kata dan kata sederhana
1.1   Mendeskripsikanbagiananggotatubuh
1.2   Mendeskripsikanfungsibagiananggotatubuh
1.3   Mendeskripsikancara-caramerawattubuh
1.1   Membilanganbenda 1 – 5
1.2   Mengurutkanbenda 1 – 5
C.      INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Mengucapkannamapanggilan/lengkapdiri
Menunjukkannamapanggilan/lengkapanggotakeluarga
Menamainamapanggilananggotakeluargadimaksud
Menyebutkanhuruf vocal
Menunjukkanhuruf vocal
Menyebutkanhurufkonsonan
Menunjukkanhurufkonsonan
Menyebutkansuku kata dimaksud
Menunjukkansuka kata dimaksud
Menebalkanhuruf
meniruhuruf yang dimaksud
Menebalkan kata/suku kata
Menirusuku kata/kata dimaksud




IPA
Menyebutkannamaanggotatubuh
Menunjukkananggotatubuhdimaksud
Menamaianggotatubuhdimaksud
menyebutkanfungsianggotatubuh
Membedakanfungsianggotatubuh
Menyebutkancaramerawatanggotatubuh
Mendemonstrasikancaramerawattubuh
Menerapkancaramerawatanggotatubuh

IPS
Mengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
Menjawabsaatditanyakankeberadaannya
Mengucapkannamapanggilandirisendiri
Menunjukkannamapanggilandirisendiri
Menamainamapanggilan photo dimaksud
Mengucapkannamalengkapdirisendiri
Menunjukkannamalengkapdirisendiri
Menamainamalengkap photo dimaksud

MATEMATIKA
Membacalambangbilangan
Menulislambangbilangan
Menunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelahselesaimelaksanakankegiatanpembelajaran diharapkan :
BAHASA INDONESIA
Siswadapatmengucapkannamapanggilan/lengkapsendiri
Siswadapatmenunjukkannamapanggilan/lengkapdiri
Siswadapatmenamainamapanggilan/lengkapdirisendiri
Siswadapatmenyebutkanhuruf vocal
Siswadapatmenunjukanhuruf vocal
Siswadapatmenyebutkanhurufkonsonan
Siswadapatmenunjukanhurufkonsonan
SiswadapatMenyebutkansuku kata dimaksud
Siswadapatmenunjukansuku kata dimaksud
Siswadapatmenebalkanhuruf
Siswadapatmeniruhurufdimaksud
Siswadapatmenebalkan kata/suku kata
Siswadapatmenirusuku kata/kata dimaksud

IPA
Siswadapatmenyebutkannamaanggotatubuh
Siswadapatmenunjukananggotatubuhdimaksud
Siswadapatmenamaianggotatubuhdimaksud
Siswadapatmenyebutkanfungsianggotatubuh
Siswadapatmembedakanfungsianggotatubuh
Siswadapatmenyebutkancaramerawatanggotatubuh
Siswadapatmendemontasikancaramerawatanggotatubuh
Siswadapatmenerapkancaramerawatanggotatubuh



IPS
Siswadapatmengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
Siswadapatmenjawabsaatditanyakankeberadaannya
Siswadapatmengucapkannamapanggilandirisendiri
Siswadapatmenunjukkannamapanggilandirisendiri
Siswadapatmenamainamapanggilan photo dimaksud
Siswadapatmengucapkannamalengkapdirisendiri
Siswadapatmenunjukkannamalengkapdirisendiri
Siswadapatmenamainamalengkap photo dimaksud

MATEMATIKA
Siswadapatmembacalambangbilangan
Siswadapatmenulislambangbilangan
Siswadapatmenunjukanlambangbilangandimaksud
Siswadapatmembilangsecaraurutdaribilangan yang ditentukan
Siswadapatmenunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud

E.       MATERI PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
Namadiri
Hurufvokal
Hurufkonsonan
Suku kata
Menyalinhuruf

IPA
Bagiananggotatubuh
Fungsibagiananggotatubuh
Perawatananggotatubuh

IPS
Identitasdiri

Matematika
Bilangan

F.       Langkah – langkah pembelajaran
  1. Kegiatan awal ( 5 menit )
a.Guru menyiapkan bahan dan alat pembelajaran
b.Guru memimpin doa sebelum belajar
c.Guru mengabsen dan mengarahkan siswa untuk memusatkan perhatian
d.Guru mengecek kesiapan siswa  untuk melaksanakan pembelajaran
e.Gurusecaralisanmengadakanpretestentangmateripelajaran yang akandisampaikan

2.       KegiatanInti (20 menit)
Pertemuanminggu … s/d minggu …
Guru menyuruhsiswamengucapkannamapanggilan/lengkapdiri
Guru menyuruhsiswamenunjukkannamapanggilan/lengkapdiri
Guru menyuruhsiswamenamainamapanggilanlengkapdirisendiri
Guru menyuruhsiswamenyebutkanhuruf vocal
Guru menyuruhsiswamenunjukkanhuruf vocal
Guru menyuruhsiswamenyebutkanhurufkonsonan
Guru menyuruhsiswamenunjukkanhurufkonsonan
Guru menyuruhsiswamenyebutkansuku kata dimaksud
Guru menyuruhsiswamenunjukkansuku kata dimaksud
Guru menyuruhsiswamenebalkanhuruf
Guru menyuruhsiswameniruhurufdimaksud
Guru menyuruhsiswamenebalkan kata/suku kata
Guru menyuruhsiswamenirukansuku kata/kata dimaksud
Guru menyuruhsiswamenyebutkannamaanggotatubuh
Guru menyuruhsiswamenunjukananggotatubuhdimaksud
Guru menyuruhsiswamenamaianggotatubuhdimaksud
Guru menyuruhsiswamenyebutkanfungsianggotatubuh
Guru menyuruhsiswamembedakanfungsianggotatubuh
Guru menyuruhsiswamenyebutkancaramerawatanggotatubuh
Guru menyuruhsiswamendemonstrasikancaramerawatanggotatubuh
Guru menyuruhsiswamenerapkancaramerawatanggotatubuh
Guru menyuruhsiswamengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
Guru menyuruhsiswamenjawabsaatditanyakankeberadaannya
Guru menyuruhsiswamengucapkannamapanggilandirisendiri
Guru menyuruhsiswamenunjukannamapanggilandirisendiri
Guru menyuruhsiswamenamainamapanggilan photo tersebut
Guru menyuruhsiswamengucapkannamalengkapdirisendiri
Guru menyuruhsiswamenunjukannamalengkapdirisendiri
Guru menyuruhsiswamenamainamalengkap photo tersebut
Guru menyuruhsiswamembacalambangbilangan
Guru menyuruhsiswamenulislambangbilangan
Guru menyuruhsiswamenunjukanlambangbilangandimaksud
Guru menyuruhsiswamembilangsecaraurutdaribilangan yang ditentukan
Guru menyuruhsiswamenunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud

3.       KegiatanAkhir/penutup (5 menit)
Guru bersamasiswamenyimpulkanmateri yang telahdipelajari
Guru melakukanevaluasidenganmengadakantes
Guru mengajaksiswaberdo’aataswawasan yang telahdiperoleh

G.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
a.       Metode
Tanya Jawab
Ceramah
Tugas

b.      AlatPembelajaran
Bukuhurufdan kata
Gambaranggotatubuh
Gambarbilangan

c.       Sumber
BukuBahasa Indonesia
Buku IPA
Buku IPS
BukuMatematika

H.      Penilaiandantindaklanjut
·         Soalteslisan :
Mengucapkannamapanggilandiri
Mengucapkannamalengkapdiri
Menunjukkannamapanggilandiri
Menunjukkannamalengkapdiri
Menamainamapanggilandiri
Menamainamalengkapdiri
Menyebutkanhuruf vocal
Menunjukanhuruf vocal
Menyebutkanhurufkonsonan
Menunjukanhurufkonsonan
Menyebutkansuku kata
Menunjukansuku kata
Menyebutkanfungsianggotatubuh
Membedakanfungsianggotatubuh
Menyebutkancaramerawatanggotatubuh
Mendemonstrasikancaramerawatanggotatubuh
Menerapkancaramerawatanggotatubuh
Mengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
Menjawabsaatditanyakankeberadaannya
Menamainamapanggilan photo tersebut
Menamainamalengkap photo tersebut
Membilangsecaraurutdaribilangan yang ditentukan
Menunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud

·         Soalteskinerja :
Menebalkanhuruf
Menebalkansuku kata
Mengidentifikasianggotatubuh
Mengidentifikasilambangbilangan

·         Contoh instrument penilaian :
Sebutkannamapanggilan
Sebutkanhuruf vocal
Sebutkanhurufkonsonan
Menyebutkansuku kata
Sebutkanfungsianggotatubuh
Sebutkancaramerawatanggotatubuh

·         Tindaklanjut
Remedial bagisiswa yang belummampumendapattugasberupa PR
Pengayaan, bagisiswa yang telahmampujugamendapattugasberupa PR



Mengetahui :                                                                                                     Bogor, Juli 2011
Pengawas PLB                                   KepalaSekolah                                  Guru Kelas





Tidak ada komentar:

Posting Komentar