Selasa, 26 Maret 2013

Motivasi Sukses, Mana Semangatmu !!!

Pernah merasa termotivasi dengan menggebu-gebu dan tiba-tiba merasa tidak mood lagi melakukannya? Aku juga pernah merasakannya. Walaupun hanya semangat saja tapi ogah-ogahan mengambil tindakan. Tapi itulah manusiawi yang mempunyai karakter berbeda-beda menyikapi motivasi yang datang kepadanya. Jika motivasi mandeg ditengah jalan maka produktivitas semakin berkurang bahkan rasa frustasi juga menghampiri.

Saatnya kita harus belajar membuat strategi baru untuk memompa motivasi kita, mungkin Anda bisa menerapkannya:

1. Evaluasi Visi dan Misi Anda.

Salah satu penyebab utama kita tidak termotivasi karena kadang kita tidak faham apa visi dan misi yang akan kita raih. Sebutlah Anda termotivasi untuk giat bekerja, coba tanyakan dalam diri "Apa yang menyebabkan Anda harus bekerja keras tiap hari? Apa hasil dari kerja keras Anda? Apa yang menjadikan Anda semangat untuk bekerja keras?

Walaupun Anda tertidur, motivasi dari misi-misi itu akan selalu terngiang-ngiang dalam otak Anda dan memacu Andrenalin semangat juang untuk bekerja lebih giat esok pagi hari.

2. Kasih Target waktu

Kita harus selesai dengan target waktu yang kita tentukan. Kalau misal sobat termotivasi untuk menghafal Al-Qura, coba pasang target 2 tahun hafal quran dengan one day one ayah...

Jika kita tidak mempunyai target waktu dikhawatirkan motivasi kita akan mengendor dengan seketika, buat jadwal-jadwal harian, mingguan, bulanan agar terfokus dalam pencapaian dan berkomitmen terhadap apa yang kita targetkan.

3. Butuh istirahat

Motivasi loyo kadang butuh istirahat. Layaknya mobil balap yang melaju dengan kencang suatu saat dia butuh istirahat untuk mengisi energi bahan bakar.

Bekerja setiap hari dari pagi hingga petang membuat hidup terasa penat dengan aktivitas monoton. Saatnya ambil cuti dan berlibur bersama keluarga. Jika Anda hobi memancing, segera ambil umpan dan kail, jika Anda hobi memasak segera masak makanan kesukaan Anda. Atau Anda bisa bermain ke sanak keluarga yang lama tidak kalian kunjungi, hitung-hitung mengikat kembali tali silaturrahmi.

4. Apa Kita Sukai

Tidak termotivasi karena kita mengerjakan sesuatu yang tidak kita cintai (meskipun bukan ukuran). Buat apa Anda melakukan sesutu yang tidak disukai jika itu tidak ada manfaat untukmu sedikitpun terkecuali sakit hati. Entah bergaul dengan teman, pekerjaan dan berhubungan dengan yang tidak kamu sukai.

Saatnya merubah reaksi otak dengan berpikir positif dengan menyukai apa yang kita kerjakan (dalam tanda kutip "kegiatan yang tidak melanggar norma2).

5. Mencari Sumber Motivasi

Untuk mendongkrak motivasi salah satunya adalah mencari sumber inspirasi motivasi itu sendiri dari mulai buku hingga orang sukses. Kita perlu menggali sisi positif dari mereka dan kita pompa semangat untuk energi  dalam diri agar menjadi seperti mereka.

6. Mencari Lawan Kompetisi

Siapa lagi kalau bukan kawan sekaligus lawan Anda untuk berkompetisi dengan sehat. Jika teman mampu menjadi orang sukses, kita lebih-lebih harus menjadi orang sukses juga. Melecutkan diri menjadi terbaik terhadap pesaing kita.

7. Mensyukuri Apa yang Ada.

Masih ingat lirik lagu "Syukuri apa yang ada.........." (walaupun aku tidak suka lagu itu) iya, kita mensyukuri apa yang ada karena kita tahu "kita hanya berencana dan Tuhan-lah yang Maha Mengatur. Wallahu a'lam
motivasi sukses, mana semangatmu
Waktu liburan ke pantai Depok Yogyakarta dengan istri dan putri tercinta
Okey, tulisan ini adalah motivasi pribadi dan mohon maaf jika ada tulisan susah dimengerti, maklum blogger baru dan masih butuh bimbingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar