Sabtu, 30 Maret 2013

RPP Kelas VI/C/I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah       :  SLB AyahBunda
Kelas/ Semester     :  VI/I
Tema                     :  Diri Sendiri
Minggu/ Hari ke    :  V/ 1-6
Alokasi Waktu      :  3xpertemuan (@ 35 menit)

A.Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Memahami berbagai jenis formulir, membuat ringkasan atau meringkas
Matematika
Melakukan operasi hitung
PPkn
Mengenal makna sumpah pemuda
IPS
Memahami hidup sehat
IPA
Memahami berbagai cara gerak, sumber energi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Keterampilan
Membuat karya seni

B.Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Membuat ringkasan sederhana dari teks yang dibaca atau didengar
Matematika
Melakukan operasi hitung campuran antara penjumlahan dan pengurangan
PPkn
Mengenal makna sumpah pemuda
IPS
Memahami hidup sehat
IPA
Memahami berbagai cara gerak, sumber energi, dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
Keterampilan
Mempraktekan cara membuat rumah dari kertas lipat

C.Indikator
Mata Pelajaran & Indikator
Bahasa Indonesia :
§ Membaca ringkasan sederhana
Matematika :
§ Melakukan operasi hitung campuran antara penjumlahan dan pengurangan tanpa menyimpan dan meminjam sampai 100
PPkn
§ Menjelaskan pengertian satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
IPS
§ Menyebutkan contoh perilaku hidup hemat dalam menggunakan barang- barang kebutuhan.
IPA
§ Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
Bina Diri
§ Menyebutkan ciri- ciri rumah sehat
Ketrampilan
§ Mempraktekkan cara membuat rumah dari kertas lipat

D.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat :
ü  Membaca ringkasan
ü  Melakukan operasi hitung campuran antara penjumlahan dan pengurangan tanpa menyimpan dan meminjam sampai 100
ü  Menjelaskan pengertian satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
ü  Menyebutkan contoh perilaku hidup hemat dalam menggunakan barang- barang kebutuhan.
ü  Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
ü  Menyebutkan ciri- ciri rumah sehat
ü  Mempraktekkan cara membuat rumah dari kertas lipat

F.Materi Ajar
             Dibagian belakang

G.Metode Pembelajaran
  • Ceramah variatif
  • Tanya jawab
  • Pemberian tugas
  • Demontrasi

Langkah- Langkah Pembelajaran :
ü  Kegiatan Awal  ( 10 menit )
v  Berdoa bersama
v  Membahas tugas/ Pekerjaan Rumah
v  Bercerita tentang keadaan rumah 2 atau 3 murid ( warna, lantai, mck, jendela )

ü  Kegiatan Inti  (   40  menit )
      Bahasa Indonesia
v  Siswa membaca cerita secara keseluruhan dari cerita minggu lalu ( guru menunjuk salah satu siswa )
v  Guru meminta siswa bergantian membaca ringkasan yang telah dibuat minggu lalu..
Matematika
v  Guru membagi 1 lembar kertas yang berisi soal cerita untuk diselesaikan murid..
v  Guru mendeskripsikan langkah – langkah mengerjakan soal cerita.
v  Siswa mengerjakan latihan soal cerita
IPA
v  Guru menjelaskan apa itu energi
v  Guru meminta siswa mengamati apa saja energi yang ada disekitarnya
PPKN
v  Guru menjelaskan tentang makna satu bahasa
IPS
v  Siswa menyebutkan contoh perilaku hidup hemat dalam menggunakan kebutuhan barang sehari- hari terutama peralatan sekolah.
Bina Diri
v  Guru menjelaskan tentang ciri- ciri rumah sehat.
Keterampilan
v  Guru memberi contoh cara membuat rumah dari kertas lipat, murid mengikuti

ü  Kegiatan Akhir ( 10  menit )
Ø  Guru mengulas kembali tentang  ringkasan sederhana
Ø  Guru dan siswa berdiskusi cara menyelesaikan soal cerita
Ø  Siswa berdiskusi mencari kesimpulan tentang makna 1 bahasa
Ø  Guru menyimpulkan cara menghemat alat tulis
Ø  Guru menyebutkan apa saja energi yang berada disekitar kita
Ø  Bertanya jawab tentang ciri rumah sehat
Ø  Menempelkan hasil melipat kertas bentuk rumah pada buku gambar
Ø  Berdoa bersama dan pulang

H.Alat dan Sumber Belajar
     Daftar Pustaka
Buku Cerita (dongeng anak )
Drs H. Panut, 2005. Dunia Sain 3, Yudistira
LKS Fokus & Cemara IPA kelas 3. CV Central Wahana Ilmu.
Sri Ningsih MPd, 2006. Pkn 3, Yudistira.
Tim BKG, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
LKS PErmata & Fokus PKPS, CV. Sindhunata
Sri Astuti, 2002. Kepedulian Pada Diri Dan Lingkungan 3A, Balai Pustaka
Tim BKG, 1995, Kerajinan Tangan & Kesenian 2 Erlangga.
Siskandar, 2001, MAtematika Pandai BErhitung 3A, Grasindo

I.Penilaian :
  • Test lisan
  • Tes tertulis
  • Observasi selama proses KBM berlangsung

Bahasa Indonesia

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Membaca ringkasan dengan baik dan benar dengan memperhatikan tanda baca
§ ( . )  Berhenti agak lama
§ ( , )  Berhenti sebentar
§ ( ! ) Ada intonasi perintah
§  (? ) Ada intonasi Tanya



Matematika

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Menyelesaikan operasi hitung campuran dalam bentuk soal cerita dengan langkah pengerjaan :
Diketahui          lengkap = 10
Jawab                langsung jawab dan benar = 5
Jadi







Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Menerapkan cara menghemat kebutuhan sehari- hari terutama alat sekolah
Buku disampul
Tidak berganti buku bila belum habis
Menyebutkan 3 nilainya 6
Menyebutkan 2 nilainya 4
Menyebutkan 1 nilainya 2



Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Menyebutkan arti energi  ( kemampuan untuk melakukan kegiatan )


2
Sebutkan energi yang ada di sekitarmu ( energi, cahaya, listrik, panas )


3
Menyebutkan energi lain yang diketahui (energi gerak, bunyi, kimia )



PPkn

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1



Menyebutkan arti/ makna dari 1 bahasa (bahasa yang dimiliki dan digunakan bangsa Indonesia sebagai bahasa pemersatu adalah Bahasa Indonesia )
Menyebutkan fungsi Bahasa Indonesia (








Bina Diri

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Mengetahui ciri rumah sehat
a.    ada jendela/ ventilasi
b.    penerangan cukup
c.    bersih
d.   lampu dan dinding tidak lembab



Keterampilan

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Mempraktekkan cara membuat rumah dari kertas lipat



2
Kemampuan menempel bentuk rumah sehingga menjadi perumahan



Keterangan Penilaian :
 

                        Banyaknya Jawaban Benar
Nilai Akhir  =                                                   X 100 %
                        Banyaknya Jumlah Soal

Tindak Lanjut
Menerapkan cara menghemat alat tulis










Mengetahui :                                                                                       Parungpanjang,……..2010
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas VI



Titin Sulistiawati S.Pd                                                                      Nunuk Indriawati S.E
NUPTK.98387499650300022                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar