Selasa, 30 April 2013

Kisah Hakim Adil dan Pencuri Miskin

Kisah Hakim Adil dan Pencuri Miskin
Gambar Ilustrasi
Telah beredar  kisah disalah satu propinsi Amerika seorang lelaki tua muncul dipengadilan karena didakwa mecuri sepotong roti. Dan orang tua tersebut telah mengakui perbuatannya dan tidak menyangkal apa yang dituduhkan oleh pengadilan dan dia mengatakan, "Aku terpaksa melakukannya karena lapar, dan aku hampir mati karenanya."

Kemudian hakim berkata kepadanya, "Kau tahu.. bahwa kau memang mencuri dan aku akan menjatuhi untukmu hukuman denda 10 dollar. Akan tetapi aku tahu kamu tidak memiliki uang 10 dollar karena kamu mencuri roti tersebut. Untuk itu aku akan tetap memberi hukuman untukmu."

Maka terdiamlah seluruh orang yang hadir dalam persidangan tersebut. Dan mereka menyaksikan hakim merogoh dan mengeluarkan uang 10 dollar dari sakunya dan menyerahkannya kepada pencuri tersebut untuk digunakan sebagai uang denda dari keputusan pengadilan.

Lalu berdirilah sang Hakim dan menatap kepada para hadirin dan dia menyeru, "Aku dakwa kepada kalian semua untuk membayar uang denda 10 dollar karena kalian hidup dikota dan membiarkan orang miskin kelaparan dan mencuri sepotong roti.

Maka pada ruang pengadilan tersebut terkumpulah uang sebanyak 480 dollar dan hakim menyerahkannya kepada pria tua tersebut.

Diantara pelajaran kisah diatas adalah kita harus mengaku satu orang yang adil bisa merubah pemikiran sebuah negara.

Wallahu a'lam

Diterjemahkan secara bebas dari m3rfaa.com oleh Gimun Gibrat

NB: Sebenarnya kisah ini menjadi perdebatan di dunia maya tentang kebenarannya, apalagi cerita si nenek tua dengan hakim di daerah lampung yang hampir mirip dengan kisah diatas.

berlepas dari benar tidak nya kisah diatas, penulis pribadi hanya mengambil hikmah yang ada, "Semoga di Indonesia ada hakim seperti kisah hayalan diatas" hehhehehe

Untuk jelasnya kisah hoax silahkan cek: 

1. http://insansains.wordpress.com/2012/02/08/hoax-nenek-curi-singkong-dan-hakim-hebat/

2. http://sosbud.kompasiana.com/2012/02/08/fitnah-di-balik-kisah-inspiratif-nenek-pencuri-singkong-dan-hakim-hebat-433882.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar