Rabu, 04 September 2013

Tips tidur nyenyak di malam hari

Apabila anda memiliki masalah tidur, cobalah ikuti 10 peraturan sederhana berikut dan anda mungkin merasakan perbaikan yang besar dalam pola tidur. Namun, ingatlah bahwa ini hanyalah saran, karena kita sendiri punya cara yang cocok untuk diri kita.
1. bentuklah rutinitas yang teratur. tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, perkirakan waktu tidur terbaik anda. (berapa jam?)
2. bila ingin membangun rutinitas yang baik, jangan tergoda untuk tidur di tempat kerja untuk mengganti waktu tidur anda.
3. hindari minuman berkafein dimalam hari, taukan minuman berkafein? bukan hanya kopi lho..teh, minuman bersoda dan minuman ringan lainnya ada yang mengandung kafein.
4. jangan meminum minuman beralkohol secara berlebihan. alkohol memiliki sifat penenang sehinggga dapat membuat kondisi rangsangan mental anda rendah. alkohol juga mengganggu siklus tidur anda. lagian minuman beralkohol itukan berbahaya....itu khamar, khamar itu haram, haram itu dosa, dosa itu neraka.
5. rencanakan hari anda sehingga tugas-tugas yang lebih berat dan membutuhkan konsentrasi dilakukan dari pagi hingga tengah hari. lalu lakukan aktivitas santai menjelang sore.
6. sadarilah bahwa menonton tv atau menbaca dapat menyebabkan rangsangan berlebihan dan membuat tidur anda gelisah, tergantung dari materi yang dibaca atau ditonton. nah mungkin dengan materi yang bermanfaat untuk menghindari kegelisahan.
7. bila anda memiliki banyak pikiran, tulislah sebelum tidur. bila pikiran tersebut sangat mengganggu, tulislah dalam buku catatan di samping tempat tidur anda. misalnya lagi senang sama seseorang.....
8. hindari tidur di siang hari (waduh... ini berat kali ya..)
9. bila anda belum juga tidur setelah 15-30, beranjaklah dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang santai sampai anda mengantuk.
10. kamar tidur bukanlah ruang belajar, dapur atau ruang keluarga, jangan makan, nonton tv atau membaca didalamnya, ruang itu adalah KAMAR TIDUR. so biarkan tubuh anda mengasosiasikannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan tidur.
masih susah tidur juga.... ada nih cara pribadi
1. hitung dari satu sampai sejuta
2. zikir sampai capek kalau perlu sampe tidur
3. lihat ke langit-langit dan ingat lah Allah,
4. niatkan mau tidur
5. baca doa tidur
6. jangan lupa kalau udah tidur sepertiga malam bangun ya...... niatin, niat aja pahala apalagi di kerjakan..

BERAPA LAMA TIDUR YANG ANDA PERLUKAN UNTUK DAPAT BERAKTIFITAS DENGAN BAIK?
APA YANG MEMPENGARUHI POLA TIDUR ANDA???

* http://galipotensi.blogspot.com/2008/03/tips-tidur-nyenyak-di-malam-hari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar