Senin, 03 Februari 2014

China Larang Aktivitas Merokok di Sekolah


Universitas harus menyiapkan area khusus merokok dan melarang aktivitas merokok di dalam gedung universitas. (istockphoto)

VIVAlife - Berbagai upaya ditempuh masing-masing negara di dunia untuk mengurangi kebiasaan merokok warganya. China misalnya. Negara ini baru saja memberlakukan aturan baru, yakni melarang setiap orang merokok di sekolah.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, langkah tersebut ditempuh untuk menghentikan kebiasaan merokok warganya yang semakin meningkat.

Seperti diketahui, meski kampanye oleh aktivis kesehatan gencar dilakukan, China masih tercatat sebagai konsumen terbesar rokok. Bahkan, perokok dapat terlihat di mana-mana, seperti di sekolah hingga rumah sakit.
Larangan terbaru yang diberlakukan Kementerian Pendidikan, meliputi TK, sekolah dasar, sekolah menengah, dan sekolah kejuruan. Adapun pihak universitas harus menyiapkan area khusus merokok dan melarang aktivitas merokok di dalam gedung universitas.

Dalam pengumumannya, Kementerian Pendidikan juga melarang pihak kampus untuk mencari pendanaan dari perusahaan rokok atau memajang iklan rokok di kampus. Kemudian, para kepala sekolah wajib memasang alarm asap atau kamera pengintai. Selain itu, kantin sekolah juga harus menghentikan penjualan rokok.

"Sekolah yang tidak menindak dengan benar akan dihukum," ujar Kementerian Pendidikan China.

Tahun ini, dewan negara atau kabinet berencana menerapkan peraturan nasional larangan merokok di tempat umum. Sebelumnya, beberapa kota sudah memperkenalkan aturan anti merokok.

Meski demikian, kritikus menyatakan bahwa pemerintah hanya menegakkan larangan secara sporadis. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang justru merokok di depan tanda larangan merokok. (sj)

Sumber : http://life.viva.co.id/news/read/477392-china-larang-aktivitas-merokok-di-sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar