Jumat, 01 Februari 2013

Chick-fil-A


            Anyone can look for fashion in a boutique or history in a museum.
            The creative explorer looks for history in a hardware store and fashion in an airport.
           
- Robert Wieder -

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

        Chick-fil-A
           
            Tahukah anda Restaurant Fast-food yang memiliki fans terbanyak (versi facebook)? Jawabannya ternyata bukan Mc Donalds ataupun KFC,
            adalah Chick-fil-A yang memperolehnya dengan jumlah fans lebih dari 2 juta orang sampai bulan Juli 2010.
            Chick-fil-A merupakan perusahaan fast-food yang memiliki spesialisasi dalam olahan ayam terbesar no. 2 di dunia, setelah KFC.

            Chick-fil-A merupakan salah satu restoran tertua di Amerika yang berdiri pada 23 Mei 1946, awalnya bernama Dwarf House.
            Selain tuanya umur restoran ini, yang membuatnya menjadi spesial dan memiliki banyak fans adalah inovasinya dalam beriklan.
            Iklanya sangat creative dan inovatif, dimana brand character dari Chick-fil-A bukannya ayam melainkan sapi.

            Para sapi tersebut menyerukan untuk lebih banyak mengkonsumsi ayam (Eat More Chicken), agar mereka (sapi) tidak habis dieksploitasi.
            Ada dalam sebuah iklan yang menunjukkan para sapi sedang berdemo di depan gedung putih untuk mengurangi pembunuhan sapi untuk di konsumsi
            dan menggantikannya dengan ayam. Yang terbaru memperlihatkan para sapi melakukan terjun payung kedalam pertandingan rugby
            untuk menghentikan para penjual burger sapi di tribun penonton dengan menimpanya dari atas.

            Dan hasilnya dengan keunikan tersebut Chick-fil-A memiliki brand awareness konsumen terbesar di Amerika jauh melebihi McDonald dan KFC.
            Padahal dana yang dikeluarkan untuk promosi jauh lebih sedikit dari kedua rivalnya tersebut. Hal itu karena mereka memiliki sebuah karakter yang kuat
            dan unik, sehingga hanya dengan iklan yang sederhana pun Chick-fil-A mampu menarik perhatian konsumennya.

            Dari cerita tersebut kita dapat mengambil pelajaran bahwa ketika kita membuat sesuatu yang benar-benar berbeda dari yang lain
            (think out of the box) dengan inovasi, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang berharga, seperti Chick-fil-A yang mendapatkan sapinya.
           
- berbagai sumber -

Sukses untuk Anda

Corporate Learning Center

Tidak ada komentar:

Posting Komentar