Sabtu, 23 Februari 2013

Copas Copy Paste Efek SEO, Ada Apa dengan Dia?

Copas Copy Paste Efek SEO - Duplikat konten adalah musuh terburuk yang pernah ada pada blog kia saat ini gan. Perkara ini tidak main-main karena ini menyangkut seo dan tentu saja termasuk pencurian hak kekayaan kamu. Ohya kalau mencuri template super seo terus menggnati kredit footer dan authornya bagaimana yah? (hehehe kebiasaan blogger Indonesia termasuk akuh)

Perlu sobat ketahui Google kini sudah sangat ketat dalam mengambil tindakan terhadap duplikat konten dengan cara copas copy paste konten di blog mereka. Kalau di runut sebenarnya ada sebuah proses yang sangat jelas untuk melaporkan para pencuri yang mempublikasikan konten Anda tanpa izin. Jadi Anda hanya perlu melaporkan blog mereka ke Google dan tentu saja google akan menyikat blog copas yang melanggar hak cipta Anda.

Tapi sebelumnya izinkan daku memperkenalkan sebuah tool online yang sangat besar manfaatnya yang dapat sobat gunakan untuk menemukan artikel-artikel yang duplikat konten.

Apa Hak cipta atau plagiarisme?


Terlalu panjang menjelaskan masalah ini, tentunya sudah dibahas banyak situs apa itu hak cipta dan plagiarismu. Tapi bagaimanapun, aku cuma mengingatkan  kamu bahwa jika seseorang menyalin dan copas artikel berupa konten, template, gambar, video, lagu, de el el tanpa izin itulah yang disebut plagiarisme. Jadi sobat jangan coba-coba menyalin konten siapa pun untuk dipublikasi ulang di blog sobat. Karena itu akan membuat sobat dalam kesulitan besar ketika si pemilik mengetahui dan melaporkannya ke Google atau organisasi, atau bisa-bisa mauk UU ITE dan o o o penjara (jangan sampai deh)

Alasan mengapa kamu harus menghapus duplikat artikel?


Udah sering dijelasin kemarin, karena Google Penguin mampu penalti dan menendang dan mengacak-ngacak  terhadap situs yang memiliki postingan ganda, tentu saja pemilik konten asli termasuk dalam daftar. hehehe mengerikan bukan atau ntar postingan besok bahas script anti copas kali yak? (ehm)

Bagaimana menemukan konten yang di copas copy paste?


Ah susahnya buat konten orisional, ngetik sampai pikiran puyeng tiba-tiba ada seseorang dengan enaknya klaim tulisan. Coba bagaimana perasaanmu? Masih mending kalau mengasih sumber link nya.. kalau tidak. Woo penipuan itu gan. Okrek ini saatnya fokus permasalahan, bagaimana menemukan mereka dalam mesin pencari yang hopi copas copy paste, mungkin mereka mengajak bercanda kali yang main petak umpet.

Tenang, sekarang ada 3 alat checker duplikat konten canggih yang dapat sobat gunakan untuk melacak konten Anda dan mencari tahu siapa yang mencuri pekerjaan Anda.

PlagSpotter : Salah satu alat untuk pemeriksa duplikat konten terbaik dengan cara mudah. Tinggal kamu memasukkan URL blog dan tool ini akan  mencari tahu berapa banyak website yang telah dicocokkan konten [yang sama]. Jadi kamu dapat dengan mudah menangkap semua orang yang mencuri konten kamu dengan menggunakan alat ini.
copas copy paste

Copyscape : kayak tool diatas alat ini sanagt terkenal di kalangan blogger tanah air. Tinggal masuklan url blog kamu. Ntar langsung terlihat siapa yang mencuri artikel kamu. Jadi siap-siap menendang dan melaporkan mereka ke Google.

DuplicateChecker : Alat ini mungkin bagus banget, karena kamu tinggalkan memasukkan beberapa kalimat kemudian alat akan memberitahu kamu situs mana yang menjipak sama persis kalimatnya. Tentu kalau kamu ikutan kontes SEO wah tambah tahu siapa musuh kamu yang mecuri artikel :)

Bagaimana menurut kamu tool di atas? Keren kan

Langkah selanjutnya setelah mengetahui tersangka, segera kontak pelaku dan nasehati. Tapi kalau sudah terlalu.. alternatif nya ya langsung klik Google DMCA. Biar kapok :)

Begitulah gan apa copas copy paste dan efeknya terhadap SEO. Jadi ane menyarankan kepada sobat semua blog itu juga hasil karya cipta, jangan seenaknya menyalin konten (kalau menyalin ya kasih sumber link hidup yak  ^_^V) dan kita harus banyak belajar menghargai orang lain. Iya enggak?

Semoga kita menjadi blogger bermartabat dan beretika.

Salam Blogger Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar