Kamis, 10 Januari 2013

Belajar Membuat Permalink Blogger Menjadi SEO

Tidak tahu apakah postingan ini bermanfaat buat teman-teman atau tidak, tapi yang jelas saya hanya sharing dari apa yang saya tahu. Lagian ini juga baca-baca referensi tulisan-tulisan dari webmaster blogger. Semoga saja bisa diambil manfaatnya buat blogger Indonesia.

Setahu aku permalink merupakan salah satu elemen yang paling penting dan dasar SEO dulu dan kini, karena sebagian teman mengabaikan masalah ini, lebih-lebih hanya konsentrasi masalah konten. Jika Anda pernah mengalami suatu URL yang terlalu panjang yang sebagian besar merupakan serangkaian nomor tidak jelas, nah itu mungkin kelupaan mengasih judul kemudian langsung di publish artikelnya.

Bahasan artikel ini hanya aku khususkan pada blogger, karena yang aku pake buat ngeblog ini memakai platform blogger. Kalau wordpress mungkin sobat sudah tahu :)

Ok Lanjut bahasan membuat permalink blogger lebih SEO 


1. Stuktrul URL mudah dan sederhana.

Buatlah struktur URL Anda kamu sederhana dan mudah untuk dipahami. Jangan terlalu panjang permalinknya, gunakan kata-kata yang bisa dipahami orang dan jangan terlalu banyak menggukan angka-angka.

2. Permalink Blogger otomatis menyesuakan judul.

Kalau kamu memakai blogger tentu faham masalah ini, permalink yang ada kadang mengikuti judul yang kita tulis. Maka dari itu tulis keyword di awal Judul. Misal ketika kamu menulis judul "Menggunakan Software Erp untuk Bisnis Retail" Maka  ketika kamu akan mentarget keyword "Software Erp Indonesia" cobalah rubah judul yang pertama menjadi "Sofware erp Indonesia untuk Bisnis Retail". Dan seterusnya....

3.Jangan menggunakan permalink yang tidak sesuai konten dan judul.

Disengaja atau tidak masalah ini akan berpengaruh terhadap SEO, saya ambil contoh sederhana lagi.

Misal kamu sedang ikutan kontes SEO dengan judul "Rakuten.co.id: toko online murah, serba ada barang unik jepang" sedangkan konten juga sesuai dengan judul, tapi ada masalah di sini jika permalink yang ada bertulis "....blogspot.com/2013/01/bisnis-jasa-seo-termurah-berkualitas-terbaik-indonesia.html" tentu ini kesalahan besar

Solusinya kamu harus menyesuaikan permalink dengan judul secara default blogger atau kamu membuat permalink sendiri. (nanti dibawah akan aku coba jelaskan cara merubahnya)

4. Gunakan Huruf Kecil
Meskipun kita bisa membuat permalink dengan huruf kapital, tapi menghindarinya lebih baik

5. Gunakan tanda hubung untuk Tanda Baca

Jika Anda menggunakan frase dengan beberapa kata, Google merekomendasikan memisahkan mereka dengan tanda hubung (-). Misalnya, "blogger-terbaik" bukan "bloggerterbaik" Meskipun tidak salah untuk menggabungkan kata bersama tanpa tanda baca apapun. Demikian juga, kamu juga bisa menggunakan garis bawah (_) atau plus (+), tetapi tidak ada manfaat yang jelas dengan tanda baca itu

7. Jangan merubah permalink yang sudah terindeks mesin pencari

Setelah Anda menetap di struktur URL, jangan merubah dari itu, lebih-lebih jika url Anda terindeks google. Kesalahan ini sangat fatal, disamping duplikat konten, perubahaan permalink yang baru menjadikan pengguna tidak menemukan artikel yang dituju.

Sedikit tambahan untuk point 3:

Sekarang blogger memberi fitur memberi kebebasan kepada pengguna untuk membuat permalink yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah:

permalink seo

blogger seo

Okey seperti yang kamu lihat, mengoptimalkan struktur link sangat mudah. Semoga artikel Belajar Membuat Permalink Blogger Menjadi SEO bermanfat buat aku dan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar