Senin, 14 Januari 2013

Kumpulan Nasehat Ulama DR. Muhammad Arifin Baderi, MA

nasehat ulama
1 Januari 2013

Banyak orang bersemboyan: "Menderita bersama lebih menyenangkan dari pada bahagia seorang diri. Bodoh bersama lebih nyaman daripada pandai seorang diri. Miskin bersama lebih enak daripada kaya seorang diri" inilah salah satu sebab kenapa kebanyakan orang dihinggapi rasa malas.

2 Januari 2013

1. Adakah air hujanyag rasanya pedas, atau kecut atau pahit, atau bahkan meracuni atau paling kurang memabukkan? Namun mengapa tumbuhan yang tumbuh dengan air hujan berbeda rasa dan guna? Mungkin anda berkata: karena beda jenis tumbuhan atau benih tumbuhannya. Demikian juga halnya dengan Al qur'an. yeng dibaca oleh sahabat Abu Bakar adalah Al Qur'an yang kita baca, namun kita berbeda amal dengannya. Sebabnya adalah karena hati kita berbeda dengan hatinya.

2. Lupa adalah nikmat Allah yang sering anda kutuk dan anda maki. Namun pernahkah anda berpikir walau sejenak: andai anda tidak pernah bisa melipatkan semua kejadian yg anda lalui, duka dan suka terus teringat dipikiran anda tanpa pernah berkurang sedikitpun. Kira-kira anda masih bisa hidup di dunia ini? Anda tertawa lalu menangis, lalu tertawa, cemberut, senyum, marah, terkejut, tersipu malu, dll.

Wah bila demikian yg terjadi kira-kisa dimanakah tempat yg paling cocok untuk anda huni? Bersyukurlah Allah memberi anda nikmat. Ini bukti kecil bahwa anda banyak ingkar trhdp nikmat Allah, maka wajar bl Allah tdk segera menambah nikmat-Nya untuk anda.

3 Januari 2013 


1. Orang yg memujimu walau pujiannya dusta adalah orang yg paling engkau cintai. Anda bahkan menanti-nantikan pujian dusta tsb kembali dia ulang dilain kesempatan. Sebaliknya orang yg mengkritikmu walau benar adalah orang yg engkau benci. Fakta ini cermin bukti dari kebodohan dan kerdilnya jiwa kita. Maukah anda merubah sikap dan pola pikir anda agar menjadi orang-orang besar walau tdk dikenal orang.
Imam syafii berkata: "aku berharap, andai semua orang mempelajari kitab-kitab karyaku, namun tdk satupun yg mereka akui sebagai karyaku". Ulama' lain menyatakan: semoga Allah merahmati setiap orang yg menghadiahkan/menunjukkan kepadaku aib-aibku sendiri.


2. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Andai kiamat telah tiba, sedangkan tanganmu menggenggam tunas pohon, maka kalau engkau kuasa untuk menanamnya sebelum kiamat benar-benar tiba maka lakukanlah"

Adakah motivasi untuk berkarya yg lebih hebat dari hadits ini? Walau demikian mengapa banyak dr umat islam yg malas? Bahkan menjadikan ingat akan mati, atau dekatnya kiamat sbg alasan untuk berpangku tangan? umatku, kobarkanlah semangatmu dlm berkarya agar kejayaan umat segera terwujud.

3. Rawat dan Lihatlah kulit tubuhmu, yg begitu halus. Bercermin dan pandangilah wajahmu yg tampan dan jelita. Dan rawatlah tubuhmu agar kuat dan perkasa. Namun pernahkah anda berpikir bahwa apapun yg anda lakukan untuk menjaga dirimu, mengemukkan badanmu, menghaluskan kulitmu, sejatinya semua itu hanyalah upaya anda memanjakan cacing tanah dan belatung yg akan berpesta ria dng tubuhmu di kuburan. Atau barang kali hanya memanjakan hewan buas yg akan mencicipimu pada akhir hayatmu.

4 Januari 2013


1. Di pagi hari, burung-burung selalu berkicau riang. Pernahkan anda melihat seekor burung yg pagi hari nampak loyo dan muram?

Tiada hari yg tdk membawa harapan bagi burung. Namun mengapa kadang anda muram di pagi hari, malas beraktifitas seakan tidak memiliki harapan untuk hidup. "Andai engkau bertawakkal kepada Allaah dng benar, niscaya Allah memberimu rizqi sebagaimana Allah senantiasa memberi rizqi kpd burung yg setiap pagi pergi dari sangkarnya dalam keadaan lapar dan dimsore hari ia kembali lagi ke sangkarnyandlm keadaan tlh kenyang.".

Pesimis di pagi hari menggambarkan anda lupa Allah, lupa bahwa semua urusan dan rizqi anda ada di Tangan Allah. Mmungkin selama ini anda mengira bahwa rizqi anda ada adalah hasil keringat dan pikiran anda sendiri.

2. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa di pagi hari merasa aman di negrinya, sehat badannya, dan ia telahnmemiliki persediaan makan untuk harinya itu, maka seakan-akan iantelah memiliki dunia beserta isinya."

Bagaimana dng dirimu sobat?

5 Januari 2013


Pandangilah sepuas hatimu rumah idaman anda yang indah,asri nan megah. Coba ingat bagaimana ekspresi istri dan anak2 tercinta anda ketika pertama kali mereka mendengar bahwa anda membeli rumah baru atau membangun rumah baru? Ingat pula bagaimana ekspresi mereka ketika pertama kali mereka masuk ke rumah idaman anda?

Ingat pula bagaimana bangganya hati anda krn bisa membangunkan atau membelikan rumah untuk mereka.
Namun, Ketahuilah suatu saat nanti mereka akan tega mengantarkan anda ke rumah yang tidak pernah anda impikan dan juga mungkin tidak pernah mereka bayangkan, selanjutnya mereka akan membiarkan anda seorang diri menghuni rumah tsb. Sua hari mereka akan menghantarkan anda ke rumah yang sempit, gelap dan mengerikan, yaitu kuburan anda.

Isak tangis istri dan anak-anak anda terdengar memilukan, namun apalah artinya isak tangis tsb? anda hanya berbekal amal anda sendiri, memasuki rumah masa depan anda ini. Mungkin bila hati meeka terketuk dan terbuka mereka akan mengirimi anda doa-doa tulus mereka, namun siapa yg bisa menjamin bahwa mereka akan melakukannya?

Bisa jadi tidak berapa lama lagi istri anda telah melupakan anda karena di hatinya telah tumbuh bunga yang disemai oleh lelaki lain?

Demikian anak-anak anda, barangkali juga segera melupakan anda krn sibuk dng urusan mereka sendiri.
Krn itu, persiapkanlah bekal anda sebanyak2 mungkin, dan didiklah istri dan anak2 anda agar tdk melupakan anda, sehingga selalu mendoakan anda. : " Bila anak adam telah meninggalkan dunia, maka seluruh pahala amalannya terputus, kecuali dari 3 amalan: sedekah jariyah, ilmu yg pernah ia ajarkan dan terus dimanfaatkan oleh orang lain, dan ANAK SHOLEH yg senantiasa mendoakannya."

6 Januari 2013


Ketika anda berkantong tebal, banyak yang mengaku teman. Namun ketika kantong anda kempes, susah mencari teman. Bukankah demikian? Anda pasti sebel dan benci kepada teman yang hanya berteman di saat kantong tebal dan di saat kantong tipis ia berubah menjadi orang asing. Bukankah demikian sobat?

Namun sebelum anda hanyut dalam kebencian kepada kawan yg demikian, coba anda segera ambil cermin, untuk mengetahui siapakah diri anda. Mungkin anda adalah salah satu contoh nyata dr teman model ini. Karena itu bila anda hendak melampiaskan kebencian kepadanya, lampiaskan saja pada diri anda sendiri. dahulu orang bijak menyatakan:

كن ابن من شئت فكيف ما تدين تدان

Jadilah siapa saja yg engkau suka, karena bagaimanapun engkau memperlakukan orang lain maka demikian pula mereka akan memperlakukan anda.

Bersambung...

Dinukil dari Nasehat DR. Muhammad Arifin Baderi, MA via FB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar