Sabtu, 19 Januari 2013

Mencari Iklan Sponsor untuk Blog

Bagi yang berburu dolar, rasanya hambar jika blog tidak menghasilkan uang. Hambar kayak sayur tanpa garam. Segitu pentingkah monetize? Banyak cara yang dilakukan agar duit mengalir dipundi-pundi rekening diantaranya mendaftarkan blog di PPC terkenal, adsense, sitti, kliksaya, adsensecamp dll.

Meskipun begitu ada juga yang ambil jalur dengan mencari sponsor iklan di blog secara personal. Contoh kecilnya iklan gratis dengan bertukar link sesama blogger :)

Tapi ini lain ceritanya karena benar-benar ingin mencari sponsor produk yang mau dimasukkan ke dalam blog.

Tapi menurutku secara pribadi, lihatlah situs-situs besar Indonesia semisal kompas, detik, vivanews seandainya walau tanpa mengadalkan iklan adsense mereka bisa menghasilkan duit. Kalau dipikir-pikir mereka para pengiklan kenapa mau naruh iklannya disana? Tentunya viewer (pembacanya) memiliki jumlah yang besar puluhan ribu bahkan ratusan ribu per hari.

Lalu pertanyaannya blog jelek seperti punyaku atau punyamu (hehehe sama jelek ya?) mampukah menarik sponsor iklan? Atau jangan-jangan gratispun orang tidak ada yang mau hahaha (curhat)

Tapi namanya usaha juga boleh, siapa tahu ada perusahaan gedhe bisa mengajukan permohonan iklan diblog kita, biar mereka tertarik bagaimana yah?
Cari sponsor iklan Indonesias

1. Disinggung diata kenapa situs besar mampu menarik pengiklan (selain PPC) karena pengunjung mereka banyak, maka otomatis kita juga harus melakukan yang sama. Coba targer pengunjung harian kita minimal 5.000 hehehe yakin insya Allah ada yang tertarik pasang iklan.

2. Membuat promosi banner iklan di sidebar agar calon prospek pengiklan di blog kita tahu. Beri keterangan harga, ukuran dan jangka waktu iklan.

3. Menampilkan informasi demografi pengunjung blog di google analistyc. Biar calon pengiklan yakin pengunjung blog memang banyak.

4. Buat iklan gratis. Fungsinya buat menarik orang, bisa diberi syarat dan ketentuan.

5. Buat page "pasang iklan"

6. Buat artikel yang menarik, jangan kecewakan pemasang iklan Anda hanya gara-gara artikel Anda tidak konsisten atau cenderung tidak profesional.

7. Buat page "Donasi" ini syukur-syukur dapat rizki orang berbaik hati terhadap kita karena simpati atau kasihan. Sehingga dengan ini Anda bersemangat memberikan sajian blog yang lebih menarik. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar