Selasa, 11 Desember 2012

Curhat SEO Mitos Seputar Backling dan Konten

Belajar SEO susah susah gampang, enakan baca tutorial SEO dari pakarnya. Tempo hari saya membaca tentang postingan blog yang membahas seputar backlink dan konten. Katanya sih, sekarang untuk SEO blog g perlu backling dan hanya membutuhkan tulisan yang unik dan bermanfaat dengan beberapa minimal spasi. Karena ini menyangkut update algoritma pinguin dan panda.


perubahan seo google

Tapi itu sih terserah orang berpendapat. Mau backlink atau konten untuk SEO itu mempunyai alasan-alasan tersendiri. Sebagai contoh saya ambil dari blog pribadi yang sering ikut kontes SEO.

Untuk yang mengatakan bahwa konten itu king-nya SEO atau dengan istilah prioritas dalam google tanpa backlink itu juga tidak benar, saya ambil contoh sederhana dalam artikel http://irgimnur.blogspot.com/2012/12/obat-wasir-dan-ambeien-manjur-di-obatwasir.biz.html ini. Artikel yang dilombakan dengan keyword obat wasir dan ambeien manjur di obatwasir.biz sejatinya artikel orisional, yang berasal dari polesan-polesan berbagai sumber referensi dengan edit bahasa tetapi tidak menyalahi tema ilmiyah.

Awalnya aku biarkan artikel ini dengan tidak memberi backling, yah, sudah lebih dari 4 hari posisi di bawah 10. Coba cari backlink sedikit, akhirnya langsung nyembul di halaman 3/4.

Atau artikel saya semisal http://irgimnur.blogspot.com/2012/12/fortuner-suv-terbaik-dunia.html dengan keyword Fortuner SUV terbaik ketika yang notabene semi orisonal selama seminggu lebih  juga tidak mampu menduduki puncak google bahkan ketika mencarinya dibawah halaman 30an hahaha

Jadi, keunikan konten untuk SEO 100% tidak menjamin situs mendapat peringkat terbaik di google. Dan ujung-ujungnya ternyata butuh juga namanya backlink.

Tuh ternyata setelah di sebar beberapa backling berkualitas 2 artikel diatas sudah nongol di 10 besar.

Kesimpulan dari analisis seputar Backlink dan konten dalam SEO


Internet adalah media kebebasan untuk mereka berpendapat, jika ada argumen begitu pentingnya sebuah konten atau backlink itu mereka mempunyai sebuah alasan. Dari sudut mana kita kita akan menerima argumen tersebut. Kita bukan pemilik google kan? tapi berpendapat dengan analisa dan dugaaan sah sah saja.

Terserah mau apa, mungkin yang kita pikirkan bagaimana situs masuk di halaman pertama. Dan apa salahnya kita menggabungkan 2 elemen penting ini backlink berkualitas dan konten yang unik.

Terus terang saya termasuk pengemar backlink berkualitas, meskipun saya tidak telaten melakukannya. Backlink bisa membantu mendongkrak popularitas artikel. Tetapi dengan beberapa catatan agar lebih optimal, sebagai mana yang di jelaskan CEO sebuah sosial bookmarking yang tidak asing bagi kita yaitu socialmonkee.

Pentingnya tautan yang beragam dan cara Anda melakukannya

* IP beragam, dengan link dari situs-host pada server yang berbeda dan C-Class IP address
* Dofollow / Nofollow beragam, dengan kombinasi dofollow dan link nofollow
* PageRank beragam, dengan kombinasi link dari PR rendah dan situs PR tinggi
* Jangkar teks beragam, dengan link yang menggunakan kata kunci Anda sebagai jangkar teks dan link
* Script / Platform beragam, dengan link dari situs dibangun di Wordpress, Movable! Joomla, blogspot, jimdoo dll
* Jangan lupa tempat lain di mana kita harus mempertimbangkan untuk mendapatkan link meliputi: jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, Google + dan Pinterest, populer bookmark situs sosial seperti Digg, Reddit dan Delicious, blog jaringan seperti ArticleRanks , Squidoo dan HubPages , MyBlogGuest ..

Itulah yang sedikit saya tahu tentang SEO berupa mitos seputar baclink dan konten. Saya rasa Anda lebih mahir dalam ilmu SEO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar