Minggu, 23 Desember 2012

Iman kepada Malaikat

 Rukun iman yg kedua dari enam rukun iman yaitu beriman kpd Malaikat,

Seorang muslim wajib beriman kpd Alloh dan Malaikat,
Alloh meciptakan mereka sebagai makhluk yg taat pada-Nya. Alloh mensifat2nya sbg hamba-hamba yg di muliakan, Malaikat tidak mendahuli-Nya dengan ucapan, dan para Malaikat tunduk patuh dengan perintah Alloh, sbgmna tercantum dalam ayat quran,," Alloh mengetahui segala sesuatu yg di hadapan mereka ( Malaikat ) dan dari belakang mereka, dan mereka tiada memberi syafaat melainkan orang-orang yg di ridhoi Alloh, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya " ( QS. Al-anbiya. 28 )
    Kepatuhan atau ketaatan Malaikat kpda Alloh bisa kita lihat saat Alloh menyuruh sujud kepada Nabi Adam,merekapun bersujud menghormati Nabi Adam yg tadinya mereka sedikit protes atas di ciptakan manusia sbg kholifah di muka bumi,,
Malaikat yg di ciptakan dari cahaya itu berkelompok, di antaranya ada yg memanggul Al arsy, ada yg menjaga langit,menurunkan hujan, menjaga jannah dan neraka, ada yg membagi rizki, dan mencabut nyawa semua makhluk smua di lakukan atas perintah AllohMereka
tidak makan dan minum sbgmna manusia,tpi makanan dan minumannya hanya bertasbih,bertahmid, istighfar liman filardhi,( memohon ampunan buat yg di bumi )dan bukan istighfar buat diri sendiri, sebab hanya di karuniai akal tanpa nafsu,Imannya para malaikat disebut MAUQUF ( iman yg stabil ) loyal kepada perintah Alloh.
Telah di tetapkan juga dalam hadist shohih dari umul mukminah Aisyah ra, bahwa Nabi bersabda, " Telah diciptakan para Malaikat itu dari cahaya, dan telah diciptakan para jin itu dari nyala api, dan telah diciptakan Adam sebagaimana yg telah disifatkan kepadamu ( dari tanah ). ( HR.shohih Imam muslim )
Sekilas singkat tentang Malaikat adalah sbg makhluk yg tiada pernah salah,karena tunduk dan patuh kpda Alloh sprti saat tunduk sujud kpd Nabi Adam atas perintah Alloh, sbgmna tercantum dalam alquran,, Alloh berfirman,," Dan ketika Alloh perintahkan kpd seluruh malaikat ( dan penghuni surga ) usjudu li adam,,sujudlah kamu kepada Adam,,fasajadu,.maka Malaikatpun sujud kepada Adam illa iblis kecuali iblis, aba wastakbar, membangkang dan sombong dan dgn kesombongannya ( tidak mau sujud kpd Adam ) membuat iblis menjadi kafir (ingkar). ( QS. Al-baqoroh. 34 )

Beriman kpd Malaikat sbg yaitu mengimani adanya Malaikat dan tugas2nya,,sprti menyampaikan wahyu kpd Rosul2 Alloh yaitu Malaikat jibril \ roh kudus,percaya dg sifat2nya yg tinggi,dan sbg makhluk yg di muliakan disisi Alloh, sprt trcantum dalam ayat 26 - 27 surat Al-anbiya, Alloh berfirman.. " Sebenarnya ( Malaikat - Malaikat itu ) adalah hamba-hamba yg di muliakan, mereka tidak mendahuli-Nya dg perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya "Malaikat mengajak kepada kebenaran sedangkan syaithon mengajak kpd kemungkaran,, Betapa pentingnya mengenal keimanan yg menjadi sah-nya suatu keyakinan sbg referensi dalam kehidupan,tentu kita pelajari Rukun Iman kpda KITAB-KITABNYA.Yg Insya Alloh akan kami tulis dilain kesempatan.Pengertian Iman itu sndiri adalah percaya dalam hati,yg di ucapkan dg lisan dan di lakukan dg badan bertambah dg kebaikan dan berkurang dg kemaksiatan.sprti trcantum dalam alquran Alloh berfirman " supaya keimanan mereka bertambah disamping keimanan mereka ( yg telah ada ) ( QS, Al-Fath. 4 ) Tambahnya keimanan dg amal sholih, Alloh jalla wa 'ala berfirman,," INNAL HASANATIL YUDZHIBNAS SAYI AH,,sesungguhnya perbuatan2 baik itu menghapus perbuatan2 yg buruk ( QS. Hud.114 )

Aku sering membaca debater muslim yg belum mengerti tentang Malaikat jibril dg nama lainnya adalah RUHUL QUDUS, tp bukan di muliakan melainkan di lecehkan,ini sangat penting untuk di luruskan, jangan biarkan debater yg belum paham trs memojokkan RUHUL QUDUS, sprt tercantum dalam ayat quran,," WA ATAINA ISA IBN MARYAMAL BAYINATI WA AYADNAHU BI RUHIL QUDUS,,( QS AL- baqoroh. 253 )Di ayat itu jelas kelihatan kalau Alloh memberi tanda2 kpd maryam ( akan kehamilannya) lewat kabar dari malaikat jibril penyampai wahyu, yaitu dg nama lain dari malaikat jibril ialah RUHUL QUDUS.
Malaikat kanan dan kiri, yaitu malaikat pencatat kebaikan atau kanan yg bernama ROQIB, dan ATIB, malaikat kiri atau pencatat keburukan manusia disebut juga Malaikat hasanah dan Malaikat sayi ah.Sama halnya Malaikat pencabut nyawa yg nama Aslinya adalah Malaikat IZROIL. Nama- nama lain dari para Malaikat mesti kita pahami sbg Nama penegasan akan tugas2 para malaikat itu sndiri, Dan para Malaikat tidak akan turun kebumi kecuali dg izin Alloh, tp para Malaikat di izinkan turun kedunia setahun sekali yaitu di bulan suci Romadhon dg LAILATUL QODAR, RUHUL QUDUS atau Malaikt Jibril yg menjadi pemimpinnya para Malaikat yg turun pd Lailatul Qodar trsbut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar