Minggu, 23 Desember 2012

Ibnu Bhithor



AKA Abu Muhammad Dia' al-Din Abdullah ibn Ahmad ibn Al-Baitar al-Maliqial-Andalu

Born: c. 1197
Birthplace: Benalmadena, Spain,( Andalusia )
Died: c. 1248
Location of death: Damascus, Syria
Cause of death: unspecified

Gender: Male
Religion: Muslim
Race or Ethnicity: Middle Eastern
Occupation: Botanist

Nationality: Ancient Egypt
Executive summary: Muslim botanist and pharmacist


Ibn al-Baytor al-Ma-laqi-Abu- Muh.Ammad ? Abdlla-H Ibn Ah.Mad atau Ibn Al-Baytar,( 1197–1248) adalah suatu Ilmuwan moeslim, Ahli tumbuhan, Apoteker Dan Dokter yang bekerja/lancar sepanjang Islam Arab Dan hingga jaman Keemasan Revolusi Agrikultur. untuk meneliti tumbuh2an yg bisa di jadikan obat.

Ibnu Bithor dilahirkan Kota besar Málaga Benalmadina .Andalusian pada akhir abad yang 12th, ia mempelajari ilmu tumbuh-tumbuhan dari Málagan Ahli tumbuhan Abu al-Abbas al-Nabati dg mengumpulkan tumbuh2an di sekitar Spain.
 Di tahun 1219, Ibn al-Baitar meninggalkan Málaga dan pergi ke berbagai tempat untuk mencari tumbuh2an. Ia pergi kei pantai Afrika yang utara . Anatolia, Bugia, Constantinople, Tunis, Tripoli, Barqa Dan Adalia.

 Setelah tahun 1224, di suatu kampung yg di pimpin oleh Ayyubid Sultan, beliau ditetapkan pemimpin herbalist.
Di tahun 1227 al-Kamil memperluas dominasinya ke Damascus, dan Ibn al-Baitar ditemani dia [di/ke] sana yang menyajikan dia suatu kesempatan untuk mengumpulkan [pabrik/tumbuhan] di (dalam) Syria. Risetnya pada saat itu hingga sampai Arabia Dan Palestine. dan Ia meninggal Damascus di tahun 1248.

Kitab yg di karangnya Fi-Mufradat al-adwiya wa Al-Aghdhiya
 berkenaan dengan farmasi) lebih dari 1,400 tumbuh2an yg di teliti untuk di makanan, sbg acuannya mengetahui obat/racun.
Buku karangannya itu sebagai apedoman atau acuan lebih dari 150 pengarang juga sebelumnya seperti halnya 20 pengarang Yunani sebelumnya Authors.[6]

 Ibn al-Baitar juga menyediakan memerinci informasi kimia pada minyak mawar dan Orangewater. Ia menyebutkan: Shurub Yang diberi wewangian ( Sirop) adalah sering disadap dari  bunga dan  daun-daun kayu manisyg mengandung minyak. Minyak yang yang digunakan adalah juga disadap dari  wijen dan  zaitun. uap air mengkombinasikan dg wewangian....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar